Shared File n Folder


Tutorial Sharing Data, File dan Folder Lewat LAN Pada Windows 10

Siapa yang belum mengetahui kalau kabel LAN bisa digunakan untuk sharing data, file dan folder? Bagi Anda yang belum mengetahuinya pasti Anda akan langsung bertanya-tanya “Mengapa harus menggunakan kabel LAN sedangkan kita bisa menggunakan Bluetooth, harddisk ataupun flashdisk?” Iya bisa. Namun, bagaimana jika data, file atau folder yang Anda kirim memiliki ukuran yang besar? Menggunakan ketiga cara diatas tentu akan memakan waktu dan tempat yang cukup banyak. Oleh karena itulah, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kabel LAN.

Kabel LAN sendiri merupakan salah satu jenis sarana transisi yang kerap digunakan untuk menghubungkan personal computer (PC) ke router, printer dan PC. Kabel LAN memiliki kaitan yang erat dengan mengirim dan menerima data.

Struktur Jaringan Kabel LAN

Struktur jaringan kabel LAN terdiri dari beberapa kabel, seperti kabel Straight, Cross dan Roll-over. Semua kabel penyusun kabel LAN tentu memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. Dalam kasus sharing data, file dan folder ke sesama PC ataupun printer, kabel Straight-lah yang digunakan dalam kasus itu.

Sebelum melakukan transfer file, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat jaringan LAN. Untuk membantu Anda dalam mentransfer file ke beberapa pc dalam sekali transfer.
Tutorial Sharing Data, File dan Folder Lewat LAN Pada Windows 10

Setelah mengetahui seperti apa struktur dari kabel LAN, kini saatnya saya memberitahukan bagaimana cara sharing menggunakan Windows 10.

Step Pertama : Sambungkan Perangkat Anda

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan PC Anda dengan PC yang menjadi tujuan. Caranya adalah dengan menyelaraskan IP, Subnet Mask serta Gateway dari kedua PC tersebut.

1. Hubungkan PC Anda dengan PC tujuan, Anda bisa menggunakan HUB atau Switch jika jumlah perangkat lebih dari dua.
2. Silahkan masuk ke Control Panel perangkat Anda.


3. Klik opsi kedua Network and Internet > Network and Sharing Center.


4. Silahkan cari opsi Change adapter settings kemudian klik.


5. Klik kanan pada Ethernet (koneksi LAN yang akan dipakai) > Properties.


6. Setelah itu Anda akan masuk ke tampilan Ethernet Properties. Silahkan pilih Internet Protocol (TCP/IPv4) > Properties.


7. Ubahlah beberapa settingan yang ada di dalamnya menjadi seperti pada gambar dibawah ini.

8. Jika sudah, atur juga perangkat atau PC yang kedua dengan cara yang sama. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda perlu membedakan IP Addressnya (contoh 192.168.1.2).

Apabila terjadi kesalahan dan jaringan LAN tidak bisa terdeteksi dan terlihat, bisa jadi karena kabel LAN yang Anda sambungkan ke PC agak kendor ataupun bisa jadi juga kabel LAN yang Anda gunakan agak error. Untuk itu, silahkan pastikan kembali apakah semuanya sudah terpasang dengan kencang dan benar.

Step Kedua : Mengatur Sharing Network Anda

Nah setelah Anda berhasil dalam menghubungkan PC Anda ke jaringan LAN yang sudah Anda buat. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan ialah mengatur pada bagian sharing center, hal ini berguna untuk membuka akses agar dapat sharing dengan PC yang lain.

1. Buka kembali Control Center, lalu ulangi point 3 dan 4 pada Step Pertama.
2. Setelah itu, silahkan klik Change advanced sharing settings.


3. Untuk menyempurnakan proses transfer file, Anda bisa mengaturnya menjadi seperti ini :

PS : Anda bisa menyesuaikan pengaturan sesuai dengan selera Anda.

Step Ketiga: Sharing Data, File dan Folder

Finally, step terakhirnya adalah lakukan konfigurasi data,file atau folder yang menjadi target sharing Anda.

1. Masuk ke File Explorer, silahkan Anda pilih data, file maupun folder yang akan Anda share. Klik kanan > Properties.

2. Anda akan melihat tampilan Properties > Sharing > Share…

3. Silahkan atur Setting Visibility nya menjadi Everyone > add.


4. Lalu atur Everyone, yang tadinya Read menjadi Read/Write > Share.


Jika Anda sudah melakukan semua steps di atas, maka Anda sudah melakukan sharing menggunakan kabel LAN. Masuk ke File Explorer > This PC selanjutnya Anda tinggal memilih mana data, file ataupun folder yang ingin Anda kirim dengan cara copas ke perangkat lain.

Nah itulah Tutorial Sharing Data, File dan Folder Lewat LAN Pada Windows 10. Memang sharing file menggunakan kabel LAN terbilang cukup rumit dan ribet, tapi ini bisa sangat membantu Anda dalam sharing file yang berukuran besar ke beberapa perangkat lainnya. Pastikan Anda mengikuti tutorial secara urut dan jangan sampai ada yang kelewatan ya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Share this post   

Lebih baru Lebih lama
wa