Sistem Komputer 9

Sistem komputer adalah kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, dan elemen lain yang bekerja sama untuk memproses data. Sistem komputer memiliki beberapa fungsi, di antaranya: Menerima input dari pengguna, Memproses input tersebut, Memberikan output, Menyimpan data. 

Komponen-komponen sistem komputer, di antaranya: 
  • Perangkat keras (hardware), seperti motherboard, CPU, memori, input/output unit, disk drive, CD-ROM, DVD-ROM, VGA, dan sound card 
  • Perangkat lunak (software) 
  • Data 
  • Komponen komunikasi 
  • Manusia (brainware) 
  • Set instruksi (instruction set) 

Sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak yang mengelola sumber daya komputer, seperti perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem operasi juga berfungsi sebagai jembatan antara pengguna dan komputer, sehingga pengguna dapat mengoperasikan komputer secara efisien.

LINK MATERI file PPT disini






 

Lembar Kerja Peserta Didik 1

“Komponen Komputer dan Sistem Operasi”

Materi Ajar : Komponen Komputer

Mata Pelajaran : Informatika

Jenjang/Kelas :

Nama Kelompok :

1. …………………………………….

2. …………………………………….

3. …………………………………….

4. …………………………………….

A. Capaian Pembelajaran

Siswa mampu mengidentifikasi komponen komputer beserta fungsinya

B. Tujuan

Menjelaskan komponen komputer beserta fungsinya

C. Alat dan Bahan

Komputer, Multimedia Presentasi

D. Materi

MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER Secara fisik, perangkat komputer umumnya terdiri dari CPU, monitor (output), keyboard dan mouse (input). Perangkat-perangkat tersebut merupakan perangkat dasar. Adapun perangkat tambahan dapat berupa printer, scanner, modem dan lain sebagainya. Sebelum Anda dapat merangkai komputer, Anda perlu mempelajari komponen-komponen yang ada dalam perangkat komputer seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Bagian paling penting pada sistem komputer adalah CPU (Central Processing Unit). Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagian depan dan bagian belakangnya perlu kita kenali dengan baik. Bagian depan kotak CPU digunakan untuk menempatkan tombol power, tombol reset, dan tempat pembaca CD/DVD atau disket. Bagian belakang kotak CPU digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal. Port dan colokan yang terletak di bagian belakang CPU terdiri dari:

a) Colokan power supply Digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin). Pada bagian tertentu terdapat kabel-kabel untuk mengalirkan listrik dari power supply ke komponen-komponen di dalam kotak CPU seperti mainboard, hard disk, dan lain-lain. Ada dua colokan yang terdapat pada bagian luar power supply. Colokan pertama merupakan colokan untuk kabel yang terhubung ke sumber arus listrik di rumah kita. Colokan kedua merupakan colokan yang terhubung ke monitor. Akan tetapi, tidak semua power supply menyediakan arus listrik untuk monitor. Pada power supply yang tidak memiliki colokan kabel untuk monitor, monitor mengambil listrik langsung dari sumber listrik di rumah kita. Powersupply dan kabel-kabel untuk mengalirkan arus listrik ke komponen di dalam kotak CPU

b) Port PS/2 (Personal System/2) Yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pada komputer-komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB. Port PS/2. Port warna hijau (atas) digunakan untuk mouse dan warna ungu(bawah) untuk keyboard

c) Port USB (Universal Serial Bus) Yaitu port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer. Dewasa ini, port USB merupakan port yang banyak terdapat dalam sistem komputer. Perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB antara lain mouse, keyboard, printer, flashdisk, handphone, PDA, scanner, dan modem. Port USB pada komputer laptop

d) Port jaringan Yaitu port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer, yakni port jaringan RJ-45 dan port modem RJ-11. Port jaringan RJ-11 dan RJ-45

e) Port serial Yaitu port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial. Port serial

f) Port paralel Yaitu port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer, joystick, scanner dan peralatan lain. Port paralel

g) Port audio Yaitu port untuk menghubungkan microphone, speaker, dan peralatan audio lainnya.Port audio

h) Port ekspansi Yaitu port untuk menambahkan perangkat-perangkat seperti VGA card, TV Tuner, dan Firewire. Port ekspansi Pada sisi bagian depan kotak CPU terdapat tombol power, tombol reset dan media drive seperti pembaca disket dan pembaca CD/DVD ROM. Gambar dibawah ini memperlihatkan sisi depan kotak CPU yang terbuka.

Adapun bagian-bagiannya adalah: Bagian depan CPU

● tombol power untuk mengaktifkan komputer

● tombol reset untuk me-restart atau menyalakan ulang komputer

● floppy drive 3.5” untuk membaca dan menyimpan data ke disket ukuran kecil

● front port (port bagian depan) yang terdiri dari port audio dan port USB

● hard drive LED atau lampu indikator harddisk yang memberi tanda pada saat hardisk bekerja

● drive CD-ROM untuk membaca CD

● drive DVD-ROM untuk membaca DVD.

E. Tugas Diskusi

1. Lakukan identifikasi terhadap perangkat komputer,

a. MacBook

b. Laptop

c. Server

2. Menentukan dan merangkum hasil identifikasi terhadap perangkat komputer tersebut

3. Membuat presentasi hasil diskusi kelompok

4. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok



LK 2

Lembar Kerja Peserta Didik 2

“Interaksi Manusia dan Komputer”

Materi Ajar : Komponen Komputer

Mata Pelajaran : Informatika

Jenjang/Kelas :

Nama Kelompok :

1. …………………………………….

2. …………………………………….

3. …………………………………….

4. …………………………………….

A. Capaian Pembelajaran

Siswa mampu mengidentifikasi komponen pada sistem komputer

B. Tujuan

Menjelaskan kolaborasi antara komputer dan manusia

C. Alat dan Bahan

Komputer, Multimedia Presentasi

D. Materi

Perangkat komputer menjadi salah satu komponen penting di dalam perkembangan teknologi saat ini. Komputer memiliki peranan penting dalam membantu aktivitas manusia karena memiliki beberapa fitur canggih di dalam sistem kerjanya. Di dalam sebuah komputer terdapat 3 istilah yang berkaitan dengan sistem kerja dari komputer itu sendiri, yaitu hardware, software, dan brainware. Berikut ini adalah materi pengertian hardware, software, dan brainware yang perlu Anda ketahui. HARDWARE Hardware atau perangkat keras adalah seluruh komponen fisik yang terdapat di dalam komputer. Bentuk dari perangkat hardware cukup mudah dikenali, yaitu semua komponen yang dapat dilihat dan diraba secara langsung dan berbentuk nyata adalah perangkat hardware. Fungsi hardware adalah untuk memudahkan si pengguna komputer saat bekerja. Fungsi lainnya adalah agar sistem komputer dapat bekerja dengan baik.

Perangkat hardware sendiri dibagi menjadi tiga jenis,yaitu perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output. Penjelasan lebih lanjut tentang hardware dapat disimak pada materi di pertemuan pertama SOFTWARE Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer. Data elektronik tersebut bisa berupa sebuah program atau aplikasi yang nantinya akan menjalankan sebuah perintah dari user. Fungsi software di dalam komputer bertugas agar dapat menjalankan program dan menghasilkan output sesuai keinginan Anda sendiri. Software komputer sendiri dibagi menjadi 2 tipe, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi. Software sistem operasi biasanya berguna sebagai sistem operasi sebuah perangkat komputer, seperti windows, iOS, linux, dan lain-lain. Sedangkan software aplikasi adalah beberapa program yang dapat membantu Anda dalam melakukan hal sesuai kebutuhan Anda. Sistem Operasi (OS)

1. Windows

Windows mungkin bisa menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer saat ini. Dikeluarkan pertama kali pada tahun 1990 oleh Microsoft Corp, saat ini windows sudah memiliki beragam versi, seperti windows 7, windows 8, dan yang paling baru adalah windows 10.

2. Microsoft DOS (Disk Operating System) Dikeluarkan pertama kali pada tahun 1981, Microsoft DOS adalah salah satu sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer. Sebelum diambil alih oleh Microsoft Corp, sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh Tim Patterson, CEO dari perusahaan Seattle Computer Products.

3. Mac OS

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat khusus untuk pengguna perangkat Mac, produk dari Apple. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1984, saat ini Mac OS menjadi pesaing utama windows dalam bidang teknologi sistem operasi.

4. Linux Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, Linux adalah sistem operasi yang memiliki tipe unix modular dengan menggunakan kernel monolitik. Sistem operasi Linux sendiri sudah berkembang antara tahun 1970-an hingga 1980-an.

5. Unix Sistem operasi Unix pada umumnya digunakan untuk keperluan perusahaan yang membutuhkan pengelolaan data yang besar.

Software Aplikasi

1. Microsoft Office

Hampir semua perangkat komputer tentunya harus memiliki software Microsoft Office di dalam perangkatnya. Microsoft Office dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas sesuai dengan kebutuhan. Microsoft Office sendiri terdiri dari beberapa software, dari Microsoft Word, Microsoft Excel, hingga Microsoft Powerpoint.

2. Adobe Photoshop Adobe Photoshop menjadi salah satu software aplikasi yang banyak terpasang di semua perangkat komputer. Dikembangkan oleh perusahaan Adobe system. Program aplikasi ini dikhususkan untuk Anda yang ingin melakukan editing foto/gambar hingga membuat sebuah efek.

3. Google Chrome Dengan kemajuan teknologi internet, tentunya Anda juga harus menggunakan aplikasi browser yang cukup baik. Salah satu aplikasi browser yang banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome. Dengan user interface yang menarik membuat Anda akan mudah dalam mengakses internet. BRAINWARE Apa yang dimaksud dengan brainware? Brainware adalah istilah yang biasanya digunakan untuk manusia yang menjalankan sistem komputer. Manusia lah yang merancang sistem hardware dan software bekerja dengan sesuai keinginan.

Jika menurut tingkat pemanfaatan, brainware dapat digolongkan pada 4 tingkatan, yaitu.

1. System Analyst System analyst adalah yang bertanggung jawab dan yang merencanakan sistem dari sebuah proyek menjadi sebuah sistem informasi untuk dapat memanfaatkan fungsi komputer.

2. Programmer Programmer adalah orang yang bertugas untuk mempersiapkan program sesuai kebutuhan pada sistem komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Contoh bahasa pemrograman seperti C++, Javascript, PHP, Python, Ruby dll.

3. Administrator Administrator adalah orang yang memiliki tugas untuk mengelola sistem operasi dan berbagai program yang berjalan pada sebuah sistem komputer.

4. Operator Operator adalah pengguna biasa yang memanfaatkan sistem komputer untuk keperluannya. MULTITASKING Pengertian Multitasking Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah sistem operasi yang multitasking dan multiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.

Multitasking dalam dunia komputer berarti melakukan pekerjaan yang berbeda secara real time dan bersamaan dalam satu perangkat. Terdapat beberapa jenis dari multitasking yaitu: Sistem Multitasking, Time-Slice Multitasking, Cooperative Multitasking, cooperative Multitasking dan Context Switching.

a) Sistem multitasking Sistem Multitasking merupakan sistem yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Arti istilah system yaitu suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Esensi sistem terdiri dari:

1. komponen-komponen dalam system, mencakup:

● perangkat keras/hardware,

● perangkat lunak/software,

● prosedur-prosedur/procedure,

● perangkat manusia/brainware, dan

● informasi/information itu sendiri.

2. fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu:

● input,

● proses/process,

● output,

● penyimpanan/storage dan

● komunikasi/communication. Dalam atribut file istilah ini merupakan file system atau file yang berupa program computer.

b) Time-Slice Multitasking Arti istilah Time-Slice Multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian salah satu jenis multitasking yang digunakan pada beberapa sistem operasi, terutama pada OS/2, dimana setiap tugas memperoleh perhatian dari Microprocessor berdasarkan pembagian waktu proses. Agar proses dapat dilaksanakan dengan baik, maka sistem tersebut diberi tingkat prioritas atau diproses berdasarkan urutan. OS ini mengontrol penyimpanan data, input, output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam saat menjalankan tugasnya OS ini memiliki tugas utamanya (OS Task) dan Sasarannya (OS Target).

Sistem operasi mempunyai dua tugas utama, yaitu :

1. Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager).

2. Sistem operasi sebagai penyedia layanan (sebagai extended) fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang di jalankan oleh system computer style.

c) Cooperative Multitasking Arti istilah cooperative multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian multitasking yang diterapkan pada Macintosh serta pada banyak sistem operasi terbaru(Microsoft Windows), dimana tugas pada latar belakang (background diberi waktu untuk memproses selama waktu sepi dan tidak banyak digunakan oleh tugas pada latar depan (foreground).

d) Cooperative multitasking Arti istilah cooperative multitasking dianggap berkaitan erat dengan salah satu type multitasking dimana satu tugas latar belakang atau lebih diberikan waktu pemrosesan selama tugas-tugas latar depan menganggur hanya jika tugas-tugas latar belakang mengijinkannya. Arti istilah pemrosesan yaitu Kegiatan yang melakukan pengolahan suatu data menjadi informasi. Informasi dari beberapa data masukan, dan hasil dari proses tersebut menghasilkan output.

e) context switching Arti istilah context switching dianggap berkaitan erat dengan switching, yang merupakan salah satu jenis dari multitasking yang paling sederhana, dimana dua aplikasi dipanggil sekaligus, namun hanya yang menjadi latar depan (foreground) diberikan waktu proses, sedangkan untuk mengaktifkan aplikasi yang lainnya (background) adalah dengan mengaktifkan jendela ke aplikasi yang dimaksud, sehingga menjadi aplikasi foreground. Kegunaan multitasking

Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya, saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil mendengarkan musik secara bersamaan. Multitasking memecahkan masalah ini dengan menjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat kondisi ini cukup untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel. Bahkan dalam komputer yang memiliki lebih dari satu CPU (disebut multi-prosesor), multitasking memperbolehkan lebih banyak pekerjaan dijalankan dibanding dengan jumlah CPU yang tersedia.

Sistem operasi komputer dapat juga mengadopsi berbagai macam strategi penjadwalan, yang secara garis besar dapat dikategorikan sebagai berikut:

• Dalam sistem multi-program, pekerjaan yang sedang diolah terus berjalan hingga membutuhkan suatu operasi yang memerlukan interaksi dari luar.

• Dalam sistem time-sharing , pekerjaan yang sedang diolah diharuskan melepaskan kerja CPU, baik secara sukarela atau dari interaksi luar, seperti interupsi-perangkat-keras. Sistem Time-sharing didesain untuk memperbolehkan beberapa program seolah diproses secara bersamaan.

• Dalam sistem real-time, beberapa program yang sedang menunggu dijamin untuk mendapatkan pengolahan dari CPU ketika interaksi luar terjadi. Sistem real-time didesain untuk melakukan kontrol mekanik seperti robot-robot industri, yang memerlukan ketepatan pemrosesan.

Cara Kerja multitasking Di ilustrasikan sebagai berikut: “Orang atau karyawan di suatu institusi. Misalnya, untuk menduduki suatu jabatan maka dibutuhkan seseorang dengan kapabilitas yang memadai. Si A tidak memiliki kapabilitas yang cukup untuk melaksanakan tugas itu, dan si B lebih kapabel. Jadi apakah kapabilitas itu ? Kapabilitas sebenarnya mengandung dua unsur kata, yaitu kapasitas dan abilitas. Kapasitas seorang karyawan ditunjukkan oleh kemampuannya dalam menangani sejumlah volume tertentu pekerjaan. Sedangkan abilitas atau kecakapan ditunjukkan oleh kemampuan karyawan menghadirkan suatu kualitas proses dan hasil dari pekerjaan. Jika abilitas biasanya lebih mengarah ke sisi teknis pelaksanaan pekerjaan, maka kapasitas biasanya lebih mengarah ke sisi manajerialnya. Untuk bisa menangani volume pekerjaan yang lebih besar, seseorang harus optimal dalam pemanfaatan waktu yang dimilikinya. Salah satu caranya yaitu dengan cara bekerja multitasking. Dengan kemampuan multitasking yang baik, seorang karyawan akan mampu menangani beberapa pekerjaan atau tugas sekaligus dalam rentang waktu yang sama, baik secara perorangan maupun bersama tim yang dipimpinnya. Memiliki tim yang besar, meskipun dilengkapi dengan banyak subtim di dalamnya, tidak menjamin mampu menyelesaikan banyak ragam pekerjaan dengan volume yang besar. Hanya mengandalkan kemampuan individu pemimpin dalam bermultitasking juga tidak banyak membantu tanpa kesiapan tim untuk diajak bermultitasking. Pada level tim, pemimpin perlu memiliki kemampuan juga dalam hal menciptakan kondisi tim yang kondusif untuk mendukung proses multitasking.” Seperti contoh pada saat kita menjalankan aplikasi web browser kita juga bisa menjalankan aplikasi kompresi file. Sedangkan multiuser pada linux adalah user bisa login ke dalam sistem secara bersamaan, dengan artinya user bisa menggunakan satu sistem secara bersamaan dalam satu waktu. Multitasking dan multiuser pada sistem operasi merupakan satu keharusan dalam masa ini.

E. Tugas Diskusi

1. Lakukan identifikasi tentang multitasking pada komputer

2. Menentukan dan merangkum hasil identifikasi multitasking komputer tersebut

3. Membuat presentasi hasil diskusi kelompok

4. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Lebih baru Lebih lama
wa