A. Mengenal Data
Data berasal dari kata dalam bahasa Latin
datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat
dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Dalam bidang
Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer,
seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grais, suara (audio)
atau video.
Data dapat bersifat kualitatif yang
berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik
(angka).
2. Satuan Ukuran Data
Data yang disimpan dalam komputer
mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai
berikut.
3. Apa itu Analisis Data?
Secara sederhana, analisis data adalah
proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang
berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang
runtut, masuk akal, dan logis.
Tujuan utama dari analisis data ialah
untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan
yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses
menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan
(tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola
ini.
4. Apa itu Interpretasi Data?
Interpretasi adalah memberikan kesan,
pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti
menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan
menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang
tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.
5. Mengapa Perlu Analisis Data?
Menganalisis dan menginterpretasi data
diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat
mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data.
B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja
1. Mengenal Perkakas
Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan.
Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”. Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong.
Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As.
Biasakan segera menyimpan hasil kerja
pada tahap penting dan tidak menunggu sampai selesai agar kalian tidak
kehilangan hasil kerja. Kalian dapat memilih akan menyimpan dokumen ini di mana
dengan memilih Browse. Simpan pada tempat penyimpanan di komputer kalian.
Dokumen dapat digabungkan dalam satu folder yang sama atau berbeda.
2. Worksheets
Setiap workbook dapat terdiri atas banyak
worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari
baris/row dan kolom/column.
Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row.
Huruf menggambarkan urutan kolom dan angka
menggambarkan urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan
baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut.
Kumpulan dari beberapa cell disebut
range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 dan 5 dari
kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh:
F2:F5), sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan
cell dari kolom dan baris tertentu (contoh: A3:C5). Cell dan range ini nantinya
digunakan saat mendeinisikan parameter untuk formula (rumus) di aplikasi
Microsoft Excel.
3. Freeze Panes
Fitur ini dapat membantu untuk membuat
baris atau kolom tertentu berada di posisi terkunci. Efeknya ialah baris atau
kolom tersebut dapat selalu terlihat (freeze) walaupun halaman worksheets
kalian scroll lebih jauh ke bawah atau ke samping.
Menu ini dapat diakses melalui tab View,
lalu Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu:
Untuk melepas kunci terhadap baris tadi,
kita dapat memilih Fitur Unfreeze Panes. Fitur ini akan muncul setelah kita
berhasil melakukan kunci, terdapat baris/kolom/cell tertentu.
4. Cell References
Dalam file worksheet, kalian dapat
mengambil data yang berasal dari cell lain. Dalam pemanggilan cell tersebut,
terdapat tiga cara, yaitu relative, absolute, dan mixed references.
Perhatian: Pemanggilan data maupun
formula pada Worksheet selalu menggunakan tanda sama dengan ("=") di
bagian depan. Contoh: =A4 atau =A1+A2.
5. Format Cells
Di file Worksheet, kalian dapat mengatur
format tampilan untuk tiap cell-nya tanpa mengubah nilai dari isi cell yang
ada. Secara umum, itur Format Cells ini dapat diakses dengan melakukan klik
kanan pada cell yang ingin diatur lalu pilih menu Format Cells.
Lalu, akan muncul dialog box yang berisi
pilihan untuk mengatur sesuai format yang disediakan. Format yang dapat diatur
terkait dengan Number, Alignment, Font, Border, Fill, dan Protection.
Di tab Number, ada banyak kategori
lainnya yang bisa diatur. Berikut akan dijelaskan beberapa kategori yang umum
digunakan. Pengaturan angka dapat dilakukan langsung dari itur Number yang ada
di tab Home.
Number. Untuk mengatur tampilan angka.
Yang dapat diatur ialah jumlah angka pecahan desimal dan apakah akan
ditampilkan dengan pemisah (separator) ribuan.
Date & Time. Tanggal dan waktu
sebenarnya disimpan dalam angka, yaitu jumlah hari yang dihitung sejak 1 Januari
tahun 1900.
Currency & Accounting. Mengatur
tampilan khusus untuk keuangan
Percentage & Scientiic. Percentage
dapat membuat tampilan angka dalam bentuk persen.
Text. Dengan format text, semua angka dan
formula akan dianggap sebagai huruf. Untuk menampilkan angka 0 di paling depan
bisa menggunakan format ini.
Dengan fitur Alignment, kalian dapat
mengatur posisi dari isi Cells. Fitur ini juga dapat diakses dengan lebih mudah
melalui tab Home itur Alignment. Posisi yang dapat diatur adalah posisi text secara
horizontal dan vertikal serta arah dari text.
Selain itu, dapat juga dipilih menu untuk
(1) wrap text, yaitu agar isi text panjang dapat ditampilkan dalam beberapa
baris dalam 1 cell yang sama; (2) shrink to it, yaitu agar isi text dapat
ditampilkan cukup dalam 1 baris dan lebar cell tetap sama (ukuran font menjadi
kecil); (3) merge cells, yaitu untuk menggabungkan dua atau lebih cells menjadi
1 cell.
Melalui fitur font, kalian dapat mengatur
tampilan dari text yang ada. Yang dapat diatur dan diubah adalah pilihan font,
style, ukuran, warna, dan efeknya. Fitur ini juga dapat diakses langsung
melalui tab Home itur Font.
Fitur border dapat diakses langsung
melalui tab Home itur Font. Kalian dapat mengatur tampilan dari cell, yaitu
apakah ada border, bentuk style garisnya, warna, dan posisi garisnya.
Melalui fitur fill, kalian dapat mengatur
warna cell. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font.
Melalui fitur Protection, kalian dapat
mengunci atau menyembunyikan cell. Fitur ini baru akan aktif apabila kalian
juga mengatur untuk mengamankan Worksheet.
C. Pengolahan Data Dasar
1. Fungsi Dasar
Perkakas (tools) pengolah lembar kerja
memiliki banyak formula, tetapi ada beberapa formula yang sering digunakan.
Kalian akan mempelajari fungsifungsi tersebut. Semua penggunaan formula dapat
memanfaatkan relative, absolute atau mixed cell reference.
a. Sum dan Count
Fungsi yang paling sering digunakan. SUM
untuk menghitung total jumlah nilai pada range tertentu. COUNT untuk menghitung
jumlah Data pada range tertentu. Kriteria untuk menjumlahkan bisa lebih dari
satu. Ingat: sebuah cell adalah range; range terkecil adalah cell.
Cara penulisan rumus :
=SUM(rangeArea)
Akan menjumlahkan semua data yang ada
pada rangeArea.
Contoh B10: =SUM(B2:B9)
Maka, cell B10 menampilkan hasil
penjumlahan data B2 sampai B9.
=COUNT(rangeArea)
Akan menghitung jumlah data yang ada pada
rangeArea.
SUM menampilkan hasil penjumlahan isi
datanya, sedangkan COUNT menampilkan jumlah datanya.
Contoh Isi cell B11: =COUNT(B2:B9)
Maka, cell B11 menampilkan berapa banyak
data yang ada di cell B2 sampai B9.
b. SUMIF
Untuk satu kondisi tertentu dan datanya
sama dengan yang akan dijumlahkan, dapat langsung menggunakan SUMIF dengan 2
parameter. Apabila kondisi dan data yang akan dijumlahkan berada di baris atau
kolom yang berbeda, dapat menggunakan SUMIF dengan 3 parameter.
Jika ingin mengetahui jumlah data
berdasarkan satu kondisi tertentu saja, dapat menggunakan fungsi COUNTIF.
Adapun untuk kondisi lebih dari satu, dapat menggunakan fungsi COUNTIFS.
d. Operator Aritmatika
Fungsi untuk melakukan perhitungan
aritmatika dengan bantuan operator aritmatika standar seperti tambah (+),
kurang (-), kali (*), dan bagi (/).
2. Fungsi Statistik Dasar
Kalian dapat memanfaatkan formula untuk
menghitung nilai statistik dasar. Statistik berkaitan erat dengan Analisis
Data. Yang termasuk dalam fungsi statistik dasar antara lain rata-rata, nilai
tengah, nilai terbesar, dan nilai terkecil. Masih banyak fungsi statistik lain,
hanya saja, fungsi ini yang paling sering digunakan.
Average: untuk menghitung rata-rata atau
mean dari sekumpulan data.
Median: untuk menghitung nilai tengah
dari sekumpulan data.
Max: untuk mencari nilai paling besar
dari sekumpulan data.
Min: untuk mencari nilai paling kecil
dari sekumpulan data.
Large: untuk mencari nilai paling besar
di urutan tertentu dari sekumpulan data.
Small: untuk mencari nilai paling kecil
di urutan tertentu dari sekumpulan data.
D. Pengolahan Data Lanjutan
1. Sort
Kalian dapat melakukan pengurutan/sorting
Data. Pengurutan dapat dilakukan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga
dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi. Contohnya, kita akan
menggunakan data jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia berdasarkan
kebangsaan pada tahun 2017.
2. Filter
Kalian dapat melakukan
filtering/penyaringan data tertentu. Fitur ini dapat digunakan apabila data
yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data
yang lainnya.
3. Data Validation
General. Validasi data (data validation)
adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam
lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan
syarat tertentu. Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input.
Duplikasi Data. Data yang akan kalian
olah bisa saja masih memiliki data yang sama persis atau disebut duplikasi
data. Apabila sudah terlanjut memiliki data yang mengandung duplikasi, kalian
dapat melakukan penghapusan data.
4. Share and Protect
Share data yang dimaksud adalah data
hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin
ke aplikasi lainnya (copy). Protect data dapat dilakukan dengan protect sheet
atau workbook secara keseluruhan.